PENELITIAN TINDAKAN KELAS
by
Haji Usman
PENELITIAN NDTIAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH): SALAH SATU BENTUK KARYA TULIS ILMIAH UNTUK PENGEMBANGAN PROFESI GURU
Kegiatan Pengembangan Profesi Guru adalah kegiatan Guru dalam rangka pengamalan ilmu dan pengetahuan, teknologi dan ketrampilan untuk peningkatan mutu baik bagi proses belajar mengajar dan profesionalisme tenaga kependidikan lainnya, maupun dalam rangka menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pendidikan dan kebudayaan. Terdapat lima macam kegiatan Guru yang termasuk kegiatan Pengembangan Profesi:
Membuat Karya Tulis Ilmiah di bidang pendidikan
Menemukan Teknologi Tepat Guna
Membuat alat peraga atau alat bimbingan
Menciptakan karya seni
Mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum
Macam karya tulis/karya ilmiah yang dapat dibuat Guru:
Karya tulis ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survai, dan atau evaluasi di bidang pendidikan.
Karya tulis atau makalah yang berisi tinjauan atau ulasan ilmiah hasil gagasan sendiri dalam bidang pendidikan.
Tulisan ilmiah populer di bidang pendidikan dan kebudayaan yang disebarluaskan melalui media massa.
Prasaran yang berupa tinjauan, gagasan atau ulasan ilmiah yang disampaikan dalam pertemuan ilmiah.
Buku pelajaran atau modul.
Diktat pelajaran
Karya penerjemahan buku pelajaran/karya ilmiah yang bermanfaat bagi pendidikan.
Karya tulis ilmiah yang berupa laporan hasil penelitian, harus memenuhi kriteria APIK:
A : Asli: karya asli penyusun, bukan plagiat, jiplakan atau disusun dengan tidak jujur.
P : Perlu: permasalahan memang perlu, mempunyai manfaat, tidak mengada-ada.
I : Ilmiah: penelitian dilakukan sesuai kaidah kebenaran ilmiah.
K : Konsisten: sesuai dengan bidang keilmuan Guru.
Apa Penelitian Tindakan Kelas?
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga dengan Classroom Action Research (CAR) adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Fokus PTK adalah pada siswa atau pada proses belajar mengajar yang terjadi di kelas. Hasil dari PTK ini dapat ditulis sebagai karya tulis ilmiah.
Apa Tujuan PTK?
Tujuan utama PTK adalah untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di kelas dan meningkatkan kegiatan nyata Guru dalam pengembangan profesionalnya. Secara rinci, tujuan PTK antara lain:
Meningkatkan mutu isi, masukan, proses, dan hasil pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
Membantu Guru dan tenaga kependidikan lainnya mengatasi masalah pembelajaran.
Meningkatkan sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan.
Menumbuhkembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah sehingga tercipta sikap proaktif dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran secara berkelanjutan.
Mengapa PTK?
Merupakan pendekatan bagi pemecahan masalah yang bukan sekedar trial and error.
Menggarap masalah-masalah faktual yang dihadapi Guru dalam pembelajaran.
Guru tidak perlu meninggalkan tugas utamanya
Guru sebagai peneliti
Mengembangkan iklim akademik dan profesionalisme Guru, khususnya jika dilakukan secara kolaboratif dengan peneliti dari PT.
Dapat segera dilaksanakan pada saat muncul kebutuhan.
Dilaksanakan dengan tujuan perbaikan
Murah biayanya.
Disain lentur/fleksibel
Analisis data seketika
Manfaat jelas & langsung
Masalah Apa yang Dapat Dikaji melalui PTK?
Berasal dari kondisi nyata di lapangan.
Benar-benar mendesak untuk dilaksanakan.
Menunjukkan harapan (berpotensi) untuk dapat diselesaikan
Penyelesaiannya merupakan perbaikan kualitas proses dan hasil pembelajaran
Cakupan masalah untuk PTK cukup luas, diantaranya:
Masalah belajar siswa di sekolah seperti permasalahan belajar di kelas, kesalahan pembelajaran, miskonsepsi, mis-strategi, dan peningkatan hasil belajar siswa.
Pengembangan profesionalisme Guru dalam peningkatan mutu perancangan, pelaksanaan dan evaluas
Ringkasan lain tentang PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH): SALAH SATU BENTUK KARYA TULIS ILMIAH
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar